analyticstracking.php

bisnis online

Thursday 7 August 2014

6 Cara Berhenti Merokok yang Sangat Mudah

Meskipun semua orang mengetahui akibat buruk dari merokok, namun tidak semuanya mampu meninggalkan kebiasaan buruk ini. Faktor yang sangat berpengaruh kenapa kebiasaan tersebut masih melekat salah satunya adalah niat. Jika kita tidak memiliki niat dan tekad yang bulat maka percuma saja segala usaha yang kita lakukan selama ini. Jadi sebelum anda melakukan beberapa tips di bawah ini, persiapkan terlebih dahulu niat dan keinginan anda untuk berhenti merokok.
Berikut ini merupakan 6 macam cara yang bisa anda lakukan agar dapat berhenti merokok dan melanjutkan hidup dengan lebih baik dan sehat.
·         Bulatkan Tekad
Jika ingin berhasil menghentikan kebiasaan merokok, maka anda harus benar-benar membulatkan tekad. Tanamkan ke hati dan pikiran anda bahwa apapun yang terjadi tidak akan kembali menyentuh barang berbahaya tersebut.
Anda harus ingat dan menyadari bahwa kebiasaan terbut dapat berakibat buruk bagi tubuh dan kesehatan anda secara keseluruhan. Jangan pula menanyakan ke hati kecil anda apakah siap jika menerima segala konsekuensinya jika kebiasaan tersebut kembali anda lakukan.
Beberapa konsekuensi yang harus anda terima diantaranya serangan jantung, stroke, penyakit kanker dan lain sebagainya. Dengan memikirkan hal ini diharapkan tekad dan kemauan anda semakin bulat.
·         Jangan Simpan Rokok
Agar lebih mudah dalam memanage niat dan tekad anda, buang jauh-jauh semua produk rokok dari dalam rumah anda. Gangguan terbesar yang sering menjadi penyebab kegagalan seseorang dalam meninggalkan kebiasaan ini adalah masih adanya rokok di dalam rumah.
Selain produk itu sendiri, anda juga harus membuang semua hal yang mengingatkan anda pada rokok seperti asbak, pipa rokok dan lain sebagainya.
·         Tentukan Kapan Memulainya
Pilihlah hari, bulan dan tanggal kapan anda ingin mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini agar memudahkan anda dalam menghitung berapa lama usaha yang telah dilakukan.
·         Buat Daftar Alasan Pada Secarik Kertas
Untuk membantu usaha anda, buatlah beberapa daftar alasan kenapa anda harus berhenti merokok. Beberapa alasan yang populer dan sering digunakan orang diantaranya demi anak, keluarga, orang tua atau pasangan.
Kenapa mereka? Karena rokok dapat menyebabkan kematian maka hal yang harus anda pikirkan adalah bagiamana nasib dan kelangsungan hidup mereka jika sesuatu yang disebabkan oleh rokok menimpa kita?
Silahkan buatlah sebuah daftar alasan pada secarik kertas dan bacalah tulisan tersebut saat tekad dan niat sudah mulai mengendur. Hal ini setidaknya dapat mengurangi keinginan anda untuk menyentuh tembakau kembali.
·         Beritahu Semua Orang
Sebelum anda memulainya, beritahukan niat dan keinginan anda untuk berhenti merokok pada orang-orang terdekat anda seperti keluarga, teman, rekan kerja dan yang lainnya.
Orang terdekat ini nantinya akan mengingatkan kita kembali saat kita mulai lupa dengan niat dan keinginan untuk berhenti dari kebiasaan tersebut.
·         Sibukkan Diri Anda
Jangan biarkan pikiran untuk kembali merokok ada di hati dan kepala, untuk mencegah keinginan dan niat buruk tersebut datang mengganggu, sibukkan diri anda dengan mengisi waktu luang anda dengan hal-hal positif.

Kegiatan yang bisa anda coba diantaranya dengan membaca buku, menemani buah hati bermain, membersihkan rumah dan lain sebagainya. Ini merupakan trik untuk mengalihkan pikiran anda.

http;//berhentimerokok.net

2 comments:

  1. wah bagus artikelnya ...silahkan berjunjung
    http://ahmadsae.blogdetik.com/2014/08/20/menanggulangi-krisis-air-bersih-untuk-indonesia-yang-lebih-sehat/

    ReplyDelete